Translate

Tuesday, September 16, 2014

Budidaya Tanaman Seledri Hidroponik Dari Tunas Anak

Selain dengan bijinya, tanaman seledri juga dapat diperbanyak dengan tunas anak-annya. Pada tulisan diblog sebelumnya, sudah saya jelaskan bagaimana cara menyemai dan menanam seledri dengan bijinya. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara memperbanyak tanaman seledri dengan tunas anak-annya, selain mudah, tanaman yang dikembangkan dengan cara ini lebih cepat besar.
Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja memilih tanaman seledri yang sudah mempunyai tunas anak-annya.

Celery Hydroponics, Seledri Hidroponik
Bakal Tunas Anak yang akan dipisahkan 
Pisahkan tunas anak dengan cara dipetik dengan tangan hingga terpisah dengan induknya.


Celery Hydroponics, Seledri Hidroponik
Tunas Anak yang sudah dipisahkan
Siapkan media tanam Cocopeat, tancapkan tunas tadi kedalam media tanam, jangan terlalu dalam, usahakan bakal tunas barunya jangan tertimbun  oleh media tanam.


Celery Hydroponics, Seledri Hidroponik
Tanam tunas anak dalam media Cocopeat
Simpan bibit seledri yang baru kita tancapkan tadi ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung supaya tidak layu daun-daunnya. Setelah 2-3 hari kemudian pindahkan bibit seledri tadi ditempat yang mendapat sinar matahari pagi atau sore saja.


Celery Hydroponic, Seledri Hidroponik
Tanaman Seledri baru hasil dari pemisahan tunas anak
Lakukan perawatan bibit Seledri dengan memberikan penyiraman secara teratur untuk menjaga kelembaban media tanamnya. Dalam waktu 7 hari akan terlihat munculnya tunas baru dan ini menandakan bahwa kita telah berhasil mendapatkan bibit Seledri yang baru.
Nah Mudah Bukan? Selamat mencoba!





No comments:

Post a Comment