Translate

Monday, May 27, 2013

Hidroponik Sistem Sumbu / Wick System

Seringkali kita mendengar istilah Hidroponik, yang tergambar dipikiran kita adalah rumit, susah dan mahal. Banyak cara menanam tanaman secara Hidroponik, mulai dari sistem yang paling sederhana dengan penyiraman manual, semi manual hingga yang paling canggih menggunakan otomatisasi dengan sistem komputer.

Bagi anda yang ingin mencoba atau memulai bertanam secara Hidroponik ada baiknya mencoba sistem yang paling sederhana, mudah, bisa memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar kita, dan tidak perlu menyiram tanaman setiap hari. Apa Bisa?

Jawabnya bisa, cara yang paling sederhana berhidroponik adalah menggunakan sistem sumbu atau Wick System, teknik ini memanfaatkan gaya kapilaritas pada sumbu untuk mengantarkan air dan nutrisi ke akar tanaman, sehingga akar dapat menyerap unsur-unsur hara yang disediakan. 

Berikut ini adalah cara membuat pot tanaman sistem sumbu, semoga bermanfaat.




Hidroponik
1. Sediakan 2 buah pot plastik, yang satu sebagai penampung nutrisi, dan yang lainnya sebagai tempat media tanam. pilihlah pot yang ukurannya hampir sama besar, sehingga pot yang berisi media tanam dapat masuk kedalam pot yang berisi nutrisi dan posisinya tergantung diatas.








hidroponik
2. Sediakan 2 utas sumbu dan pasangkan pada bagian bawah pot yang berisi media tanam. Sumbu ini yang akan difungsikan sebagai penyuplai nutrisi ke media tanam. Pilihlah bahan sumbu yang bukan terbuat dari bahan kapas, karena akan mudah putus dan busuk. ( Bahan Nylon atau kain flanel lebih baik)






  



Hidroponik

3. Posisi pot akan seperti gambar disamping, kemudian isilah dengan air nutrisi sampai batas bawah pot media tanam.
Gunakan Cocopeat atau media tanam lain yang tidak mengandung unsur hara sebagai pengisi media tanam. Jika menggunakan Cocopeat, pastikan Cocopeat yang akan dipakai sudah dicuci bersih terlebih dahulu.  









Hidroponik pak choi
4. Setelah diisi media tanam, Pot siap untuk ditanami. Lakukan pengontrolan air nutrisi secara berkala. Karena air dalam pot tersebut akan habis diserap oleh akar dan sebagian lagi akan menguap. 








Cara diatas adalah  salah satu contoh pembuatan pot sistem sumbu, masih banyak metoda lain dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitar kita, misalnya botol air minum dalam kemasan, kotak styrofoam, ember bekas cat dan lain-lain.

Selamat Mencoba!!!


Hidroponik, pak choy
Menanam Sayuran dalam botol bekas air minum dalam kemasan 



Hidroponik belimbing
Tanaman Belimbing dalam pot dengan sistem sumbu dapat berbuah