Translate

Friday, February 1, 2013

Sungai Guntung, Indragiri Hilir Riau




Pemandangan Sungai Guntung di sore hari
Sungai Guntung, mungkin bagi anda baru pertama kali mendengar nama ini. Sungai yang mempunyai peranan sangat penting atau menjadi urat nadi perekonomian bagi masyarakat Indragiri Hilir bagian utara karena sungai ini menjadi satu-satunya akses yang menghubungkan ke dunia luar. Moda transportasi dari dan ke Sungai Guntung saat ini hanya bisa ditempuh melalui jalan air saja, artinya hanya dapat ditempuh dengan kapal ferry, speed boat, atau kapal barang. 

Beberapa kota penting yang harus disinggahi untuk menuju ke Sungai Guntung adalah Batam, Tembilahan, dan Kuala Tungkal.
Sumber penghasilan utama masyarakat Sungai Guntung adalah dari perkebunan kelapa.  Disamping itu Sungai Guntung juga menghasilkan sagu, pinang, sarang burung walet, industri pengolahan sabut kelapa dan arang tempurung kelapa (keduanya ini untuk kebutuhan ekspor).
Beberapa olahan hasil kelapa dari Sungai Guntung ini telah merambah pasar dalam negri dan luar negri, diantaranya santan kelapa dalam kemasan siap pakai, air kelapa dalam kemasan, nata de coco,  minyak goreng, dan lain-lain.

Peta Sungai Guntung
Topografi Sungai Guntung berupa dataran rendah dengan ketinggian 0 - 2m dpl, dengan perbedaan pasang surut bisa mencapai 3-4 m. Kondisi tanah sebagian besar berupa lahan gambut dan sisanya berupa rawa-rawa. Bagi masyarakat Sungai Guntung sumber utama air bersih didapat dari air hujan, biasanya mereka akan menampung air disaat hujan turun dari atap rumah untuk dialirkan ke bak penampungan yang telah disediakan.

Berikut ini adalah foto-foto kegiatan-kegiatan masyarakat Sungai Guntung dan keindahan alamnya. Selamat Menikmati!


Pelabuhan Laba-Laba, Sungai Guntung, kateman
Salah satu dermaga bongkar muat barang di Sungai Guntung



Sungai Guntung, Kateman, inhil, indragiri Hilir
Kapal barang yang mengangkut bahan kebutuhan pokok ke Sungai Guntung



Petani Kelapa, Sungai Guntung, Kateman, Indragiri Hilir
Aktifitas Petani Kelapa memuat hasil panen untuk dijual ke pabrik


Pelabuhan HK, Sungai Guntung
Salah satu sudut pelabuhan HK, pemandangan ini akan menyambut kedatangan anda

No comments:

Post a Comment